Jajanan
yang satu ini di depok sepertinya lagi ramai dibicarakan.
Ternyata
"Tahu Jeletot" termasuk jenis usaha franchise denga sistem beli putus Rp
25.000.000,- kalau menurut info penjualnya dengan omset sehariRp 800.000,-
per hari , kurang lebih Rp 5.000.000/bln sudah bisa dikantongi
tergantung lokasi gerobaknya.
Di salah satu cabang gerobaknya saja dalam satu bulan ia bisa mengantongi Rp 15.000.000,-.
Tahu dengan ukuran besar ini sudah diisi sayur berbumbu pedas lalu di lapis dengan tepung khusus, enak di nikmati selagi hujan , maupun disegala suasana dengan harga yang relatif yaitu Rp. 2000,- per tahunya.
Di salah satu cabang gerobaknya saja dalam satu bulan ia bisa mengantongi Rp 15.000.000,-.
Tahu dengan ukuran besar ini sudah diisi sayur berbumbu pedas lalu di lapis dengan tepung khusus, enak di nikmati selagi hujan , maupun disegala suasana dengan harga yang relatif yaitu Rp. 2000,- per tahunya.
Sajian kuliner khas Bandung inisekarang sedang
berkembang. Kejelian pebisnis lokal yang mengenal karakter masyarakat
kita yang hobi dengan aneka goreng-gorengan menghasilkan inovasi yang 'waah'
dan menjadi peluang bisnis yang sangat bagus denganinovasi produk tradisional. Inovasidengan mengisikan
cabe rawit langsung di dalam racikan yang ada di dalam tahu adalah
kreativitas sederhana tapi efeknya luar biasa. Sebagai contoh di depan Kampus
Kita (Universitas Gunadarma)di Kelapa Dua saat ini sudah ada dua outlet
gerobak "HOT JELETOT" mangkal setiap harinya dan tidak sepi pembeli.
Lalu
apa sih yang sebenarnya menarik dari Hot Jeletot ini?
Rasa pedas dengan bumbu dan ramuankhas inilah tampaknya
yang membuat penggemarnya sampai rela untuk antri dan kembali
mencicipinya. Sajian kuliner yang bisa dicicipi kapan saja, tapi karena
penjual baru mulai menjual pada siang sampai sore, jadi kita barudapat menikmatinya setelah penjualmenggelar
dagangannya.Dari segi harga, tahu pedas ini masih masuk untuk ukuran kebanyakan
orang, walaupun jika dibandingkan dengan tahu klasik tentunya bisa lebih
tinggi dua sampai tiga kali lipatnya. Tapi perbedaan harga inirasanya memang sebandingdengan sensasi yang kitarasakan.
Mengenai pilihan rasa, saat ini tampaknya baru ada dua varian yang bisa
kita cicipi yaitu tahu pedas biasa dan tahu pedas yang ditambahkan dengan
irisan daging sapi di dalamnya.
"Hot
Jeletot" didirikan sejak tahun 2009,berawal dari sebuah ide
untuk mengembangkan usaha makanan.Yoedhy BagusYoga Nandita memilih
tahu karena pasarnya yang sudah sangat luas dan sudah dikenal di seluruh
Indonesia. Yang terpenting, usaha tahu goreng selalu eksis dimana-mana dan
tidak pernah mengenal krisis,hal ini disebabkan oleh bahan tahu yang mudah
didapat dan margin penjualanya yang sangat tinggi. "Enaknya, pas
makan tahu jeletot enggak usah repot-repot pegang cabai rawit. Satu kali
gigit, langsung deh pedasnya dapet. Yang benarbenar mulai kerasa(pedas) itu pas gigitan kedua. Nyebar semua kearea mulut. Kalau pakai rawit terpisah
kan kerasanya cuma pas dikunyah saja".
Puncak
ramai pembeli kalau puasa itu sekitar jam lima sore sampai tujuh malam. Pembeli di sini 75% itumahasiswa,sisanya
warga. Pada slah satu cabang outlet pada waktu sekitar buka puasa bisa ludes sampai 900 buah.
Sementara di hari biasa, jumlah penjualan mampu mencapai 1.800 potong.
Tahu
Jeletot dengan cerdik dan kreatifitasnya mempopulerkan varian dari tahu ini
menjadi produk yg laris manis dan sekarang lihatlah pengekornya, penjual
tahu pedas sekarang terdapat dimana-mana. Begitulah kreatif adalah faktor
kunci sukses bisnis, terutama zaman sekarang yang semua serba cepat, serba
praktis,serba instan. menuntut juga kreatifitas di level tertinggi. Hebatnya lagi
adalah para pengekor yang begitu cepat menyebar bahkan menyalip pionernya. Inkreatif
atau pengekor, membuat usia pakai sebuah bisnis yg terbilang baru menjadi
pendek dan tidak jarang menelan pencetusnya.Dalam bisnis zaman
sekarang inovasi harus terus menerus digali, bisnis harus tetap segar buat
konsumen maupun untuk produsennya, secara reguler harus ada ide kreatif
dan inovasi produk. Lihatlah contohnya saja,dulu yg namanya teh botol itu hanya
ada sosro dan kemasannya botol. Sekarang, bahkan sosro mengeluarkan teh
botol dalam kemasan Pounch. padahal cuma kemasan saja yg dirubah tanpa merubah
isinya.
Sumber :
http://dwiatmanti01.blogspot.co.id/2012/04/peluang-bisnsi-frainchise-tahu-jeletot.html
Enak kak
BalasHapusJelas enak kak, tahunya uhh mantaap bgt rasanya
HapusWah pedes ya ini tahunya
BalasHapusIya kak, gaperlu lagi gigit cabai rawit, dalemnya udh ada irisan cabe banyak yg bakalan siap menggoyang lidah para penikmatnya. Yuk cobain kak :)
Hapus