Sabtu, 21 Mei 2016

Spesial Belut Surabaya (H.Poer)




Belut, sapa yang gak kenal dengan makhluk mirip ular dengan rasa seperti lele. Hmmm kalo belum kenal silahkan Tanya ke mbah Google ato di ibu Wikipedia ya sob.
Sekilas banyak orang bilaing geli melihat belut termasuk nyok dany, yak an nyok.
Tapi buat gue (bahasa ababil), belut adalah makanan yang bikin ketagihan. Terbukti g hanya gue yang ketagihan, malah ada yang lebih parah abeeessss. Ya siapa lagi kalo bukan sohib gue yang satu ini, nyok keny. Dan bisa-bisanya dia maem belut selama dua hari berturut-turut (maem siang dan malem). Untung aje ni ye dia g berubah jadi makhluk sebangsa belut begono. Kalo g kan gue bisa kehilangan satu sobat yang dah nempel banget kayak perangko itu.

Back to the topic …


Seperti judul yang udah terpampang jelas di atas ada rumah makan yang menyediakan berbagai macam olahan belut. Ya berterima kasihlah pada bapak H. Poer yang sudah menyajikan beragam varians belut. Dan salah satu menu andalan beliau adalah “Pecel Belut Elek”. Entah darimana nama ini berasal yang jelas menurut asumsi saya sendiri nama ini lahir dari wajah sajian menu ini, seperti gambar di bawah.

Penampakan Belut Gorengnya


“Bentuknya emang elek, tapi rasanya bung, mantapzzz abiiieeesss”
Buat temen-temen yang pengen nyobaian (apalagi setelah melihat gamabarnya) ni dia alamat-alamat warung SBS yang bisa disinggahi :

Jl. Banyu Urip Kidul IV / 39 (Bok Abang) Surabaya (Pusat SBS)
Jl. Ngagel Jaya Selatan No. 119 Surabaya
Jl. H. R. Muhammad No. 249 Surabaya
Jl. KH. Mukmin 65, Sidoarjo Telp: 031-70108815
Jl. A. Yani 219, Surabaya (Seberang BCA  A. Yani)
Jl. Kayon No. 38-40 Surabaya
Jl. Kapas Krampung 154

Dari ketujuh alamat tersebut hanya dua tempat yang pernah aku kunjungi. Yang pertama alamat no.5, yang di A. Yani dan di Kayon. Tempatnya sama-sama bersih, namun pelayanannya membutuhkan kesabaran. Ya iyalah harus sabar karena warung-warung tersebut g pernah sepi pengunjung, dan belut yang disajikan fresh from the kompor, jadi harus sabar nunggu giliran untuk dilayani.
Menu-menu beragam yang udah aku singgung tadi dapat dilihat pada Gambar ini :

Itu menunya coyyyy

“Menu sajian Spesial Belut Surabaya (SBS) H. Poer”
Untuk pecel belut sendiri adalah belut yang digoreng dengan keprekan bawang putih, trus dipenyet ama sambel terasi. Nah sambelnya ini kita bisa request tingkat kepedasannya, mau biasa (sedang), pedas atau pedas sekali. Nah kalo yang special belut saus tiram ya olahan belut dengan saus tiram, kalo special belut lada hitam itu olahan belut yang pake lada hitam dan ada kuahnya berwarna gelap, kalo special belut saus inggris ya olahan belut dengan saus inggris. Nah buat sobat yang g mau ma belut tapi pengen nemenin sobatnya yang doyan belut maem disini juga bisa. Karena ada pilihan lain yaitu burung dara dan lele. Untuk minuman standard ya ada teh anget, jeruk anget, teh botol, es the, es jeruk, air mineral, dll. But dari semua menu dan hamper semuanya udah pernah makan, hanya satu yang menurut gue paling maknyus. 
Apalagi kalo bukan “Pecel Belut Elek”.

Gimana sob tertarik untuk mencobanya ???? Buruan lho sebelum ketinggalan jaman, mumpung harganya masih terjangkau dengan isi kantong.









Sumber :
https://ngeblognyok.wordpress.com/2012/09/09/spesial-belut-surabaya-h-poer/

2 komentar: